Sebagian besar dari tips desain
yang ada dalam daftar tips meningkatkan produktifitas kerja ini dapat
dipakai dan dilakukan oleh setiap jenis orang yang kreatif. Kami
berharap Anda dapat menemukan serangkaian tips ini berguna dan dapat
membantu Anda untuk mempersingkat waktu dan tentu saja untuk dapat
melakukan lebih banyak lagi. Dan juga kami ingin mengetahui teknik
apa yang Anda gunakan dalam produktifitas kerja. Rolong, bagikanlah
kepada kami pengalaman Anda melalui komentar yang ada dibawah.
1. Perencanaan
Perencanaan adalah hal terbaik untuk menyimpan waktu dan menjadi lebih produktif.
Anda mempunyai banyak hal yang ingin Anda lakukan, bukan? Mulailah
secepat mungkin, sekarang untuk berpikir bahwa dengan cara ini Anda akan
dapat mengerjakan apapun dengan lebih cepat dan lebih baik. Salah! Anda
harus meluangkan lebih banyak lagi waktu Anda untuk merencanalan apa
yang paling penting untuk dilakukan, apa yang kurang perlu dan kemudian
tentukan mana pekerjaan yang tidak dapat ditunda. Secara personal saya menggunakan perencanaan dan sketsa sebelum membuat setiap tutorial yang ada. Pertama, saya membuat sketsa
sederhana dengan pena ata pensil di notebook kesayangan saya, kemudian
sedikit demi sedikit menambahkan detail, setelah itu mengoreksi dan aha!
Banyak waktu terbuang dalam mendesain dan bereksperiman hanya untuk
komposisi dan detail visual terselamatkan.
2. Gunakan daftar To-Do
To-Do list membantu untuk tetap
terorganisir dan fokus hanya pada hal-hal penting. Juga merupakan alat
untuk mengingat hal-hal yang biasanya Anda lupa untuk melakukannya. Saya
sedang berbicara tentang tugas-tugas kecil seperti panggilan telepon,
email balasan dll Anda dapat menggunakan real-post it notes atau yang
virtual (contoh : hottnotes).
3. Singkirkan gangguan
Kadang-kadang sangat sulit untuk memulai pekerjaan Anda karena banyak gangguan yang menyita waktu dan perhatian. Jika Anda benar-benar ingin menjadi produktif
dan fokus pada saatnya bekerjam, matikan Skype, yM, TweetDeck (atau
aplikasi lain yang Anda gunakan untuk Twitter). Juga email dan facebook
yang memeriksa update setiap 5 menit adalah musuh produktivitas terbesar
Anda. Gangguan bisa saga berupa TV, radio, hewan peliharaan atau
bahkan keluarga. Jadi cari tempat di mana Anda nyaman dan dapat menjadi produktif sebaik mungkin dan mulailah bekerja.
4. Buatlah diri Anda disiplin
Buatlah bentuk disiplin yang realistis dan
apa yang lebih penting, berusahalan untuk bekerja pada hal yang seperti
itu. Misalnya mengatur waktu untuk memeriksa Facebook, Twitter dan account email. Tetapkan batas waktu untuk membaca blog, berita atau hal-hal lain yang Anda sukai.
5. Jangan bekerja terlalu banyak
Ya itu terdengar EDAN! tetapi bekerja
dengan lebih sedikit waktu, Anda akan lebih produktif dan kualitas
pekerjaan Anda akan dalam kondisi prima. Jangan mencoba untuk bekerja
12-18 jam / hari karena pada akhirnya Anda akan lebih lambat, pikiran
Anda akan suatu tempat di luar pekerjaan dan apa yang paling penting
dari kualitas pekerjaan akan lebih rendah. Penelitian membutikan bahwa
bekerja dibawah 6 jam dalam satu hari akan membuat seseorang menjadi
lebih bahagia, lebih produktif dan sehat. Memang tidak setiap orang bisa
melakukannya, namun dengan usaha kita dapat melakukannya, minimal
mengurangi TANGGUNGAN pekerjaan.
6. Bekerjalah di waktu yang pendek
Saya telah membaca saya banyak (buuuuuuuuanyak) artikel tentang produktivitas dan manajemen waktu. Saya benar-benar menyukai teknik Pomodoro atau hanya teknik
25 menit kerja. Buatlah jangka waktu 25 menit, 30 menit atau 40 menit
dan bekerja, hanya fokus pada pekerjaan, ya itu sulit, tapi kemudian
Anda akan memiliki istirahat cukup, minum secangkir air atau bernafas
segar udara luar, bukankah itu memotivasi?
7. Selalu fokus pada tugas tunggal (Serial)
Jika Anda membuat kartu nama, jadi desainlah kartu nama saja, tetapi jangan mencoba untuk menulis posting blog atau membuat logo
pada waktu yang sama. Alasan yang masuk akal adalah pertama, Anda akan
mengerjakannya dengan kualitas yang rendah, kedua Anda akan kehilangan
perhatian dan ketiga – Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu
melakukan tugas-tugas pararel, karena Anda menghabiskan beberapa detik
beralih dari Photoshop ke editor teks atau dashboard blog pada browser Anda dll
8. Pikirkan tentang tujuan Anda
Sebelum memulai pekerjaan berpikirlah
tentang tujuan Anda yang paling menggairahkan dan memotivasi Anda,
misalnya anda ingin pergi ke Bali untuk liburan Anda berikutnya sehingga
Anda berpikir tentang matahari, tiupan angin ditamani segelas ice juice,
deburan ombak, pijatan relaksasi dan mungkin Anda akan memasukkan
suasana hati Anda ke dalam ruang lingkup kerja dan pada ujungnya Anda
akan lebih produktif.
9. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik pada saat bekerja tidak
untuk semua orang. Hal ini mungkin berlaku jika Anda adalah orang yang
suka mendengarkan musik sambil membaca. Yang paling penting adalah bahwa
Anda harus memilih sebuah genre yang tidak mengalihkan perhatian Anda
dan tidak mengambil perhatian Anda terhadap karya desain
Anda. Musik akan membantu Anda untuk menjadi lebih produktif atau
kreatif (musik yang membangkitkan gairah dan motivasi). Secara pribadi
saya mendengarkan musik dangdut (aye!) dengan volume rendah. Bangun di
pagi hari bolehlah putar musik dangdut koplo dengan hentakan keras dan
nge-beat, tapi kalau sudah waktu bekerja saya memilih dangdut slow.
10. Tetap Terorganisir
Anda adalah perancang, pengembang, ilustrator apapun, Anda menggunakan sumber daya (resources). Tekstur, pattern, font, ikon, vektor,
gambar foto semua hal yang ada di harddisk Anda. Setiap kali Anda
mencoba untuk menemukan di mana mereka berada dan Anda akan menghabiskan
banyak waktu. Buat beberapa folder, misalnya Design, Kode, Grafis dan
menempatkan semua file ke folder tersebut. Jangan terlalu diatur,
jangan membuat folder terlalu banyak karena itu tidak cerdas dan Anda
akan menghabiskan detik membuka dan menutup folder tersebut, detik
menjadi hitungan menit dan bahkan jam dalam jangka panjang, misalnya
Anda memiliki sepuluh folder yang tidak perlu, Anda menghabiskan 0,5
detik untuk membukanya dan 0,5 untuk menutupnya.
Jika Anda menggunakan mereka setiap hari:
10 folder x 0,5 detik x 2 x365 = ~ 1 jam / tahun hanya untuk membuka
folder! Pikirkan tentang hal ini. Jika perlu buatlah shortcut pada
destop Anda namun sekali lagi jangan terlalu banyak karena dapat membuat
karya wallpaper kesayangan Anda tertutupi, bila memungkinkan gunakan
shortcut keyboard global untuk masuk ke dalam folder tersebut, sudah
banyak software yang mengcover masalah ini.
11. Gunakan Template
Jangan mencoba untuk menciptakan apapun setiap saat. Jika Anda adalah seorang web desainer membuat template psd kosong dalam resolusi
yang sama, tambahkan pedoman, grid, membuat kelompok dan menyimpannya
dalam format PSD untuk proyek-proyek masa depan. Pikirkan tentang berapa
banyak waktu Anda habiskan setiap kali melakukan tugas-tugas tersebut.
Begitu pula Anda desainer grafis, menggunakan template bukanlah sesuatu yang hina atau merendahkan kualitas desain Anda. Minimal template yang seharusnya menghasilkan sesuatu kesan berbeda harus bisa ditangani dengan baik, tidak semua template karakter untuk setiap produk pada proyek berbeda bukan? Mereka mempunyai kesan dan image mereka masing-masing.
Bagaimana dengan Anda? Apa yang telah Anda
upayakan untuk meningktkan produktifitas kerja Anda sebagai desainer?
Tolong, berbagilah dengan kami.
0 komentar:
Posting Komentar