Senin, 29 Oktober 2012

Tiga Langkah Pertama dalam Proses Mendesain

Ilmu Grafis Desain Tiga Langkah Pertama dalam Proses Mendesain atau membuat karya desain entah memakai software desain grafis photoshop, illustrator / coreldraw. Jadi bisa dikatakan bahwa apapun software yang Anda pakai untuk membuat karya desain grafis tetap saja tips ini berlaku. Apa sajakah tips desain tersebut dan seberapa manjurkah hasilnya?
1. Mengetahui Jenis Desain yang Akan Dibuat
Maksudnya adalah bisa membayangkan cara pengaturan obyek – obyek untuk sebuah desain sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi desain tersebut, misalnya desain Cover Majalah. Sebelum kita mendesainnya, kita harus bisa membayangkan desain sebuah cover majalah, BUKAN DESAIN POSTER ATAU MALAH SPANDUK!!!!.
2. Mengetahui Objek yang harus dipakai
Setelah tahu langkah pertama tadi, kita juga harus tahu obyek – obyek apa saja yang umumnya terdapat
dalam sebuah proyek desain. Misalnya Cover Majalah, objek yang biasanya terdapat dalam sebuah cover adalah :
• Judul / Nama Majalah
• Ilustrasi / Gambar Utama
• Ilustrasi – ilustrasi tambahan sebagai penghias
• Judul artikel yang ingin ditonjolkan
• Tanggal Terbit
• Harga Majalah
• Space untuk iklan/sponsor ( optional )
• Objek lain yang diminta oleh KLIEN.
PENTING
Hanya ada 4 macam kategori obyek utama dalam desain, yaitu Gambar, Teks, Warna dan Ukuran. Setiap kategori tersebut nantinya terpecah menjadi beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda. Misalnya seperti contoh diatas,… Judul/nama majalah, Judul Artikel, tanggal terbit dan harga termasuk dalam kategori Teks. Sedangkan ilustrasi utama, penghias itu termasuk dalam kategori Gambar.
3. Menentukan Kesan dan Gaya Tampilan Desain
Setelah dua langkah diatas terpenuhi, maka kita harus menentukan gaya yang dipakai dalam desain kita. Misalnya FUNKY, RESMI, ELEGANT, nge- POP. Sedangkan kesan yang harus ditimbulkan dari desain tersebut Misalnya CERIA, SPORTY, BERSEMANGAT, MELLOW, dsb. Dua hal ini bisa kita tentukan dari deskripsi yang diberikan oleh klien kita.
PENTING:
Kesan dan gaya tampilan desain biasanya muncul dari warna – warna yang dipakai, jenis huruf / font, penggunaan tipografi, gaya penataan obyek yang kita gunakan. Sebagian besar kesan yang akan muncul tergantung dari gambar ilustrasi yang kita pakai.

0 komentar: