Senin, 29 Oktober 2012

Tips Beli Laptop untuk Desainer Windows vs Macintosh

Tips beli laptop untuk desainer window vs macintosh mac adalah perbandingan dan komparasi saat mau beli latop khususnya buat desainer grafis dan pekerjaan desain yang membutuhkan spek atau fungsionalitas dan kinerja yang tinggi. Pada artikel ini saya akan membahas seputar komparasi windows dan macintosh.  Biasanya kita hanya mengandalkan “asalkan vga alias graphic card dan processor bagus maka semuanya lancar”. Nah saya akan memberikan gambaran bagaimana itu semua bisa salah.
Pada artikel sebelumnya tips membeli laptop dan komputer saya memaparkan dengan cukup jelas apa saja yang harus diperhatikan dalam membeli produk elektronik laptop dan komputer. Sebagai pembeda pada artikel ini saya akan membahas tentang hardware dan sistem operasi yang akan dipakai saat akan membeli laptop khusus
untuk desainer terutama desainer grafis.
Secara historis, ada dua pilihan yang layak untuk komputasi, Windows dan Mac. Windows telah sangat populer, dan memiliki, untuk sebagian besar, digunakan pada PC (komputer pribadi) industri. PC berbasis Windows secara tradisional lebih murah daripada Mac, dan memiliki software pendukung lebih banyak. Mac, di sisi lain, secara tradisional membutuhkan biaya lebih sedikit dari PC berbasis Windows, dan memiliki pilihan yang jauh lebih terbatas untuk  software pendukung. Namun, tradisi ini telah berubah secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir.
Tips beli laptop windows vs macintosh
Apple, perusahaan yang membuat komputer Mac, memperkenalkan sebuah sistem operasi yang disebut OS X. Mereka mengatakan bahwa OS X adalah salah satu sistem operasi yang paling aman dan stabil yang pernah dibuat, Unix. Mereka kemudian diprogram sistem grafis yang kuat dan arsitektur perangkat lunak yang berubah OS X menjadi multimedia yang hebat. OS X sekarang dalam versi kelima (10,4), dan dianggap oleh para ahli teknologi sebagai sistem operasi paling canggih komersial di pasaran.

Stabilitas

Hampir semua pengguna Windows telah mengalami stabilitas rendah yang datang dengan Windows. Banyak pengguna harus me-restart komputer mereka setidaknya sekali sehari. Juga, ketika sebuah program terkunci, hang, crash, seluruh komputer biasanya berhenti berfungsi (yang membutuhkan restart lain). Hal ini sering disebabkan oleh fakta bahwa semua komponen perangkat lunak Windows terhubung satu sama lain. Misalnya, jika Internet Explorer berhenti bekerja, sisa dari komputer biasanya berhenti bekerja juga.
OS X tidak bekerja seperti Windows. Sebaliknya, memisahkan sebagian besar program dari satu sama lain, dan dari sistem operasi itu sendiri. Ini berarti bahwa jika salah satu program berhenti bekerja, sisa dari komputer tetap bekerja. Bahkan, Anda dapat menggunakan fitur di OS X yang disebut, “Force Quit” yang segera akan menutup jendela program terkait tanpa mempengaruhi program lain yang Anda menjalankan. Anda juga dapat me-restart program yang Anda tutup tersebut, dan bekerja kembali seolah-olah tidak pernah ada masalah sebelumnya.

Keamanan

Windows terkenal bermasalah pada virus dan celah keamanan. Hal ini menimbulkan ancaman bagi semua pengguna Windows, karena virus bisa menghapus isi hard drive seseorang (dimana semua file Anda disimpan), dan lubang keamanan dapat memungkinkan cracker (sering juga disebut sebagai hacker -kontekstual) untuk mengontrol dan mensabotase (mengambil alih kendali atas) komputer Anda.
Virus dan lubang keamanan pada Mac hampir tidak ada dengan OS X. Karena OS X dibangun di Unix, dan Unix adalah sebuah sistem operasi yang sangat aman, OS X belum terancam oleh virus atau memiliki lubang keamanan besar. Munkin karena penggunanya juga sedikit dengan tingkat keamanan lebih.

Kehadalan / Reliability

Sederhananya, Windows mudah rusak. Jika Anda memindahkan file atau folder yang salah (sistem), seluruh aktifitas komputer dapat berhenti bekerja. Ini tidak begitu dengan OS X. OS X sangat cerdas, bahwa Anda dapat memindahkan sebuah file program / folder yang mana saja pada hard drive, dan tidak akan berpengaruh terhadap kerusakan. Bahkan, ia juga akan memperbarui pintas (ikon) yang telah menunjuk ke sana. Jika Anda melakukan ini di Windows, Anda harus benar-benar menginstal ulang perangkat lunak, dan bahkan mungkin membuat Windows berhenti bekerja sama sekali.
Komputer Mac juga mudah memecahkan masalah dan memperbaikinya, sedangkan pada Windows sering kali memerlukan bantuan seorang teknisi komputer yang kita harus membayarnya.

Kompatibilitas

Secara historis, Mac belum sekompatibel Windows. Secara khusus, dokumen Microsoft Office mengalami kesulitan menerjemahkan dengan benar antara Mac dan PC/laptop berbasis Windows. Hari ini, hal ini tidak lagi menjadi masalah. Tidak hanya Microsoft membuat versi Office (Word, Excel, dll ..) untuk OS X , mereka (Microsoft) juga mempertimbangkan untuk menjadi lebih baik dari Office untuk Windows! Anda juga dapat membuka dan menyimpan dokumen MS Word asli *.doc dengan menggunakan pengolah kata dari Apple, Pages (bagian dari bundel software iWork).
Tips beli laptop windows vs macintosh
Jika Anda adalah pengguna CorelDraw, siap-siap saja menggunakan coreldraw versi jadul. Karena, coreldraw versi 15 yang terbaru saat artikel ini dibuat tidak mendukung untuk digunakan pada sistem operasi OSX. Meskipun Anda juga bisa menggunakan hardware dari macbookpro dengan instalasi OS dari windows 7. Namun saya rasa itu menjadi kurang menarik di segi OSnya.
Software yang beredar untuk desainer sudah banyak yang mendukung sistem operasi OSX. Sebut saja adobe family seperti illustrator, photoshop. Untuk software editing video juga banyak. Memang tidak sebanyak Windows namun apa yang bisa dihasilkan melebihi dari apa yang disajika oleh Windows.
OS X dapat bekerja pada sistem jaringan Windows juga. OS X dapat berbagi printer dan file melalui jaringan dengan PC berbasis Windows.

Multimedia

PC Windows berbasis multimedia tentu lebih lengkap dari mereka sudah pernah, namun mereka masih tak tertandingi dalam hal kemudahan penggunaan OS X yang didalamnya terdapat fitur multimedia secara langsung. Ini dikenal dan diakui oleh pengguna Windows dan penggemar Mac, bahwa Mac menawarkan kelompok belum pernah ada sebelumnya pada aplikasi dan perangkat keras untuk musik, foto, dan video editing.
Apple menyediakan paket aplikasi yang disebut iLife . Paket berisi iTunes (encoder MP3 / player), iPhoto (manajer fotografi digital), iMovie (mudah digunakan editing film), iDVD (menciptakan DVD terlihat profesional dari film), GarageBand (studio rekaman perangkat lunak untuk massa), dan iWeb (membuat website dan blog). Semua enam program yang dirancang untuk bekerja bersama-sama secara mulus. Mereka adalah juga pemenang program penghargaan untuk kemudahan penggunaan dan fitur, di mana persembahan Windows (Movie Maker & Media Player) tidak.

Terjangkau

Sekarang untuk masalah penting, biaya! Windows dan Mac komputer sekarang hampir sama dalam masalah biaya. Anda dapat membeli PC berbasis Windows untuk kurang dari 5 juta, namun Anda tidak akan mendapatkan perangkat keras dan perangkat lunak multimedia yang akan Anda inginkan dan butuhkan. Bahkan, untuk melakukannya biaya sama atau lebih dengan biaya untuk membeli Mac. Anda juga akan berakhir dengan menghabiskan lebih dari yang Anda lakukan pada Mac hanya untuk mendapatkan software yang ada,  tidak untuk iLife (yang dibundel gratis dengan semua Mac baru).
Apple sekarang menyediakan komputer entry level disebut Mac mini , yang dimaksudkan untuk menggantikan komputer / laptop berbasis Windows PC. Mac mini mulai dari 6 jutaan, adalah komputer berdiri sendiri , dan dirancang untuk dapat digunakan pada  monitor, mouse dan keyboard dari PC yang lama.
Itu jelas bahwa saya lebih memilih Mac daripada PC berbasis Windows. Namun, Anda harus tahu bahwa saya telah menggunakan Windows untuk 8 tahun. Bahkan, saya telah mengajar  kelas Windows dan saya menjalankan server Windows. Semua ini berubah ketika OS X keluar. Saya tidak pernah lebih senang dan senang dengan komputer daripada yang saya miliki dengan OS X. Saya biasanya enggan menggunakan saya PC berbasis Windows (bahkan Windows 7), tapi sekarang saya benar-benar menikmati tidak hanya menggunakan OS X, tetapi juga menggunakan perangkat lunak, seperti iLife.

Kesimpulan

Jika dari semua kata-kata yang saya tulis di atas dapat disimpulkan secara adil maka segeralah untuk membeli laptop bahkan komputer desktop berbasis macintosh. Jika Anda belum bisa meninggalkan sistem operasi Windows beli saja laptop mac yang bisa Anda lihat di apple indonesia dengan sistem operasi windows (meski kurang menyenangkan), jika Anda masih sanggup untuk belajar silakan gabung di komunitas pengguna mac di indonesia.

0 komentar: